LOGO dputr
Beranda > Berita > Petugas Surveilan Lakukan Penyelidikan Epidemiologi Di Sekitar Lingkungan …
UKM

Petugas Surveilan Lakukan Penyelidikan Epidemiologi di Sekitar Lingkungan Rumah Penderita DBD

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 3 Juli 2022 - Dilihat 112 kali

Gerung - Sabtu (2/7) Petugas Surveilan laksanakan Penyelidikan Epidemiologi (PE) kasus Demam Berdarah (DBD) di BTN Rean Hijau Lingkungan Tanjung Gunung Gerung Selatan. Tujuannya untuk memantau lingkungan sekitar terkait Angka Bebas Jentik (ABJ) dari hasil  tindak lanjut dan laporan adanya pasien dengan gejala demam berdarah.

Setiap kasus DBD harus segera ditindaklanjuti dengan penyelidikan epidemiologi dan penanggulangan lainnya untuk mencegah penyebarluasan atau mencegah terjadinya KLB. Penyelidikan epidemiologi demam berdarah dengue merupakan kegiatan pencarian penderita atau tersangka lainnya, serta pemeriksaan jentik nyamuk penular DBD dirumah penderita atau tersangka dan rumah-rumah sekitarnya dalam radius sekurang¬kurangnya 100 meter. Juga pada tempat umum yang diperkirakan menjadi sumber penularan penyakit. Tujuannya utama kegiatan ini untuk mengetahui ada tidaknya kasus DBD tambahan serta terjadinya potensi meluasnya penyebaran penyakit pada wilayah tersebut

Petugas Surveilan yang turun dalam kegiatan PE H. Laizi dan I Ketut Susana bersama Kaling dan Kader. Sasaran PE adalah kontainer ataupun tempat-tempat penampungan air yang berpotensi menjadi sarang kerja. Tujuannya untuk melihat adanya jentik pada kontainer maupun pada tempat penampungan air lainnya dan mengetahui angka bebas jentik (ABJ). Hasil kegiatan ditemukan adanya jentik nyamuk pada kontainer di rumah penderita dan langsung dilakukan PSN serta penyuluhan pada masyarakat disekitar penderita.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *