LOGO dputr
Beranda > Artikel > Tips Mengelola Stress Saat Arus Balik
Artikel

Tips Mengelola Stress saat Arus Balik

Posting oleh puskesmasperampuanlobar - Seminggu yang lalu - Dilihat 47 kali

Setelah menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman, saatnya bagi kita untuk kembali menjalankan aktivitas harian di tempat kita tinggal. Namun, gambaran mengenai arus balik mudik yang macet dan penuh dengan hambatan menjadi tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan rasa lelah dan stres yang dialami selama berada di kemacetan akan membuat kita merasa terbebani.

Dengan demikian, penting bagi kita untuk bisa mengendalikan stres selama berada di perjalanan, agar tidak menimbulkan suasana hati yang buruk maupun menderita beberapa penyakit lainnya akibat stres.

Tips Mengelola Stres

Untuk mengalihkan perhatian kita dari padatnya lalu lintas, berikut ini adalah beberapa tips mengelola stress saat arus balik yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

Buat kondisi tubuh yang nyaman, dengan mengatur tempat duduk, maupun mengatur suhu di dalam mobil.

Berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang berada di dalam mobil, namun perlu diingat bahwa kita sedang menyetir sehingga tetap waspada dan perhatikan jalan yang ada di depan.

Makan cemilan yang kamu suka juga merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengusir stres selama berada di dalam perjalanan. Tetap perhatikan jumlah asupan yang masuk untuk menghindari kenaikan berat badan.

Bernapas dalam-dalam, cara ini memberikan efek menenangkan yang luar biasa saat kamu sedang stres akibat macet yang sedang terjadi.

Rencanakan perjalanan dan pilih jam yang tepat agar terhindar dari kemacetan parah.

Dengan menerapkan beberapa tips mengelola stres saat macet di atas, diharapkan bisa menjadi solusi dari permasalahan macet yang sedang dialami.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan sebelum makan, menggunakan masker untuk menghindari polusi udara dan beristirahat sejenak dengan melakukan peregangan sekurang-kurangnya setelah 4 jam berkendara.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan atau posko kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit selama berkendara.