LOGO dputr
Beranda > Artikel > Percepat Vaksinasi, Pemdes Jagaraga Siapkan Hadiah Untuk Warga
Artikel

PERCEPAT VAKSINASI, PEMDES JAGARAGA SIAPKAN HADIAH UNTUK WARGA

Posting oleh dpmdlobar - 5 Nov. 2021 - Dilihat 298 kali

Giri Menang (Suara NTB) – Pemdes Jagaraga, kecamatan Kuripan, Lombok Barat (Lobar) melakukan berbagai langkah untuk mempercepat vaksinasi di wilayahnya. Kiat-kiat yang dilakukan, pemdes menyiapkan hadiah atau doorprize bagi masyarakat yang divaksin. Bagi para perangkat dusun (Kadus) yang mencapai target tertinggi pun disiapkan hadiah atau reward.

Kades Jagaraga, M. Hasyim, ST mengatakan, pihaknya melakukan beberapa langkah insiatif untuk memicu animo masyarakat ikut program vaksinasi. Beberapa langkah yang dilakukan, pihaknya turun melakukan sosialisasi kepada masyarakat di masing-masing dusun bersama satgas covid-19 desa dan Puskesmas. Pihaknya juga mensosialisasikan Perpres nomor 14 tahun 2021 yang mengamanahkan di mana warga tak mau divaksin akan dikenakan sanksi. Bantuan akan ditahan kalau tidak mau divaksin. Bahkan berhenti diberikan bantuan. Pelayanan administrasi di desa diperketat kalau warga belum divaksin.

“Kami juga memberikan doorprize untuk masyarakat sehingga dengan adanya doorprize sangat berpengaruh terhadap antusias masyarakat, tetapi tetap kami himbau warga jangan karena Doorprize warga mau divaksin,” jelas Hasyim.

Selain kepada warga, pihaknya juga menyiapkan reward bagi para Kadus yang memiliki capaian vaksinasi tertinggi. Untuk menyisir sisa warga belum divaksin, ada program Pemkab melibatkan tim khusus Polda dan Korem. Warga yang belum vaksin akan dijemput ke masing-masing rumah. “Turun door to door, istilah kecamatan Kuripan itu ngayo RT,” ujarnya.

Berkat berbagai upaya ini, pencapaian vaksinasi di desanya signifikan. Pencapaian vaksinasi dari jumlah penduduk 9.615 jiwa kemudian layak vaksin sebanyak 7.539 jiwa. Kemudian yang sudah vaksin 6.970 jiwa sehingga pencapaian vaksinasi keseluruhan 92 persen.

Dari data yang masuk dari Dusun, Kader dan RT, tinggal 39 orang yang belum vaksin. Kemudian yang PMI sebanyak 223 orang, sakit (tidak layak Vaksin) sebanyak 248 orang, meninggal dunia 59 orang. “Jadi kalau baca dari data real per 1 November, Alhamdulillah target pencapaian vaksinasi desa kami 92 persen, tinggal 39 prang belum divaksin. Bahkan tertinggi di kecamatan Kuripan,”ujarnya.

Artikel ini telah terbit di website suarantb.com.

Klik disini untuk baca : https://www.suarantb.com/percepat-vaksinasi-pemdes-jagaraga-siapkan-hadiah-bagi-warga/

Editor : Redaksi Suara NTB